BEST PRACTICE : “STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMAN 15 JAKARTA”
Strategi kepala sekolah merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran, Judul penelitian adalah Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SMAN 15 Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan :
1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru melalui pembinaan kemampuan guru dalam proses pembelajaran,
2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru yaitu :
a) Menegakkan kedisiplinan guru
b) Meningkatkan standar perilaku guru
c) Melaksanakan semua peraturan,
3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi guru yaitu
menciptakan situasi yang harmonis, memenuhi semua perlengkapan yang diperlukan serta memberikan penghargaan dan hukuman,
4) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan komitmen guru adalah: mengadakan pelatihan, mendatangkan tutor ke sekolah dan memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, menempatkan guru sesuai dengan bidangnya, dan mengadakan rapat setiap awal semester.
5) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah:
a) kurang tegas dalam menerapkan kebijakan
b) guru kurang motivasi dan domisili guru yang jauh.
c) fasilitas sekolah yang belum memadai,
d) rendahnya partisipasi warga lingkungan sekolah.
Selengkapnya dapat diunduh tautan di bawah ini :